Jumat, 17 Desember 2010

Detek Printer Canon iP1880 di Ubuntu


Mau curhat dulu nehhhh karena pengalaman yang sangat susah di hilangkan ya aku posting di mari daripada lupa lagi ya itung-itung penguat daya ingat, begini Q pusing waktu tetangga aku mau print di kompie aku yang serba berantakan ruanganku yach terpaksa asal jadi dia minta tolong ma aku ngetes printer canon pixma 1880 ehhhh pas kompie q gak ada windows, hemmmmm yach aku coba aja di my life ubuntu heheheheeee.

abra ka dabra ehhhh gak sangaka ini printer langsung nongol di desktop hahahahahaa... keren neh ubuntu selain simpel dah support juga,.... tapi pas gw coba kok gak mau ngeprint?? pertama gw otak-atik tuh printer dari kabel ampe dalem2nya ehhh ternyata gak ada masalah..... heeeemmmmm akhirnya browsing dech ke si pakde google ehh nemu cara simpelnya Untuk mengatasi hal ini ikuti langkah berikut :

1. Download cnijfilter-common_2.70-1_i386.deb dan cnijfilter-ip1800series_2.70-1_i386.deb bisa download disini setelah itu silahkan ekstrak file tesebut.



2. Install sudo dpkg -i cnijfilter-common_2.70-1_i386.deb dan sudo dpkg -i cnijfilter-ip1800series_2.70-1_i386.deb atau klik dua kali pada file tersebut .

3. Kemudian ikuti perintah berikut cd /usr/lib/
sudo ln -s ./libtiff.so.4.2.1 ./libtiff.so.3

Selain beberapa file di atas, kita juga harus meng-install beberapa library pendukung.
Buka Terminal atau Synaptic Package Manager kemudian install beberapa lib berikut ini:

sudo apt-get install libpng3
sudo apt-get install libgtk1.2
sudo apt-get install libxml1

Sekarang coba hidupkan printer dan coba print tespagenya. ehhhh ternyata berhasil hemmmmmmmm udah bisa bisa ngeprint nehhhhh ubuntu gw heheheheheheee lumayan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar